Minggu, 17 Juli 2016

MUNGKIN SAYA DISLEKSIA???


Postingan kali ini saya tidak membahas tentang review suatu produk, atau tips-tips.
Namun kali ini saya hanya membahas tentang diri saya.
Saya berharap informasi tentang diri saya dapat berguna sebagai pengetahuan buat anda.

Dari judul diatas sudah jelas saya ingin membahas tentang disleksia, namun bukan secara teori. Tetapi disleksia yang saya alami

Saya menyadari bahwa saya disleksia sejak saya berpacaran dengan mantan saya sekitar tahun 2007.
Awal mula nya dia mengetahui bahwa saya disorientasi pada arah, terutama kanan  dan kiri.
Jujur saya tidak tahu yang mana sisi kanan saya dan yang mana sisi kiri saya. Dan kemudian mantan saya berkata "mungkin kamu disleksia". Sejak saat itu saya sering mencari tahu tentang apa itu disleksia.



Learning Disorder atau kekacauan belajar Disleksia (Dyslexia)
adalah gangguan belajar yang mempengaruhi membaca dan / atau kemampuan menulis. Ini adalah cacat bahasa berbasis di mana seseorang memiliki kesulitan untuk memahami kata-kata tertulis.

Ciri - ciri sulit membedakan huruf alpabet,terutama yang betuknya mirip-mirip (b,d,q,p) tidak bisa mengeja kata dengan benar sering salah membaca teks dan kadang tidak paham arti teks bingung membedakan kata yang bunyi dan tulisannya mirip seperti 'hati' dan 'pati'

Selain masalah pada kepekaan fonologi, gejala disleksia juga bisa berupa hal-hal berikut:
  • Kurang memori verbal untuk mengingat urutan informasi secara lisan dalam jangka waktu singkat, semacam perintah singkat seperti menaruh tas dan kemudian mencuci tangan.
  • Kesulitan dalam mengurutkan dan mengucapkan sesuatu dalam kata-kata, misalnya urutan angka, menamai warna-warna, atau benda.
  • Kesulitan memproses informasi lisan, misalnya saat mencatat nomor telepon atau didikte.
Nah dari informasi diatas ternyata saya mempunyai gejala-gejala yang pas dengan disleksia.
Waktu kecil saya sering kesulitan membaca. Disaat teman-teman SD saya yang lain sudah bisa membaca di kelas 1 atau 2. Saya baru bisa membaca lancar di kelas 4 dan 5. Karena itu dulu setiap saya di beri tugas membaca oleh guru saya didepan kelas, jantung saya berdegup kencang, kepala saya pusing, dan kata-kata yang saya baca sering terbalik balik. Kalau saya membaca koran, tulisan yang ada dikoran itu terlihat tanpa spasi. Saya benar-benar kesulitan mambaca saat itu. Dan saya tidak bilang kepada siapapun karena saya takut dibilang bodoh.



Sampai saat ini saya tidak bisa membaca angka berurutan secara mundur misal dari 10-1
saya tidak hapal bulan dihitung secara mundur (Desember-Januari).
Saya tidak mengerti arah kanan dan kiri.
Saya juga tidak tahu arah mata angin.
Saya sering kehilangan arah bila berjalan.
Saya kesulitan mengingat nama seseorang.
Saya kesulitan membedakan warna, tetapi saya tidak buta warna. Karena saya selalu lolos saat tes buta warna,hahahaa....
Saya tidak dapat mengingat angka misalnya no HP, saya juga kesulitan mengeja angka misal no hp atau no rekening.
Saya pelupa yang Akut, sering saya menarik nafas untuk mengucapkan sesuatu, dalam waktu jeda menarik nafas dan kemudian saya lupa apa yang mau saya ucapkan, lucu kan?
Bahkan saya sering kesulitan menulis tanggal lahir saya. 
Dan sejujurnya saya kurang memahami bahasa (bahasa apapun itu)

Tetapi disini saya mudah memahami ruang (spasial) dan saya lebih memahami informasi dalam bentuk tiga dimensi. Untuk mengingat, semisal saya ingin mengingat sebuah catatan kecil yang isinya sebuah rumus atau angka sederhana. Saya tidak mengingat angka tersebut, tetapi yang saya ingat adalah kertas dan goresan tinta untuk menulis angka tersebut, sehingga saya tahu dikertas itu terdapat angka yang mesti saya ingat. Ya, saya lebih memahami sebuah gambar. Saya selalu menganggap tulisan atau angka adalah sebuah gambar.

Saya tekankan lagi, Disleksia tidak bodoh. kita hanya perlu menemukan bagaimana metode belajar yang tepat. Semoga anak saya dijauhkan dari kelainan seperti ini. Bagi anda yang mempunyai anak kesulitan belajar. Bicarakan kepada dokter anda, karena bisa jadi anak anda tidak bodoh, anak anda disleksia. Saya pernah mengalaminya, sungguh tidak nyaman. Sekolah bagaikan neraka waktu saya kesulitan membaca.

Sekian postingan saya malam ini, semoga berguna bagi anda yang membaca.
Salam hangat dari saya....

3 komentar:

  1. mas dede tanya dong... saya semasa belajar disekolah tidak kesulitan dalam hal membaca dan menulis tapi anehnya saya sering salah tulis dalam satu kalimat jadinya kalo dibaca rada aneh... dan saya juga kesulitan menentukan sesuatu yang berlawanan dan hampir mirip,, seperti arah mata angin,, ketika bercermin susah membedakan kanan dan kiri... sampai sekarangpun saya masih kesulitan membedakan bunyi dari huruf F dan V... apakah ini termasuk dileksia mas??

    BalasHapus
  2. Mungkn diseleksia mas, soalnya gejala diseleksia seperti itu

    BalasHapus
  3. Wynn Las Vegas Announces First State to Allow - KTM
    Wynn Las Vegas announces first state 구미 출장안마 to allow 춘천 출장마사지 virtual reality (VR) gambling. 출장안마 "With a wide array of 논산 출장안마 virtual reality (VR)" games 포항 출장샵 including video slots

    BalasHapus